Pages

Saturday 10 May 2014

Turbin Gorlov solusi untuk menghasilkan energi listrik


Turbin Gorlov Helikal
Turbin Gorlov Helikal adalah jenis turbin yang baru dikembangkan pada tahun 1995, mengubah energi kinetik yang dihasilkan oleh arus aliran menjadi energi mekanis/gerak putar, di temukan oleh Profesor Gorlov dari Northeastern University, jenis turbin ini diperuntukan untuk energi arus sungai (river energy), energi arus laut (marine energy) dan energi arus pasang-surut (tidal energy) dan salah satunya telah di gunakan sebagai pembangkit listrik memanfaatkan air pasang surut di pedesaan Amazon-Brasil
Gambar Turbin Gorlov 3 blade
Turbin Helikal terdiri dari satu atau lebih sudu helikal panjang yang menyusuri permukaan silinderis imajiner seperti ulir sekrup. Sudu-sudu airfoil helikal memberikan gaya reaksi yang dapat menariknya lebih cepat dari aliran fluida itu sendiri. Kecepatan tinggi tanpa adanya vibrasi dari turbin helikal pada aliran fluida yang relatif lambat merupakan kunci terhadap efisiensinya yang baik.
Turbin yang berbentuk skrup dapat menangkap energi kinetik pada air yang mengalir. Dengan sudu turbin berbentuk skrup membuat turbin mendapat sudut serang yang bagus pada arus yang datang, ini menjadikan suatu putaran torsi yang tetap pada turbin dan mengurangi getaran yang ada. Dalam kaitanya harus diberikan geometri airfoil pada blade turbin, agar turbin seperti skrup ini mempunyai satu arah dalam berputar tidak terikat pada aliran arah fluida. Ini mempertimbangkan aplikasi percepatan arus yang sangat rendah dan mempunyai efisiensi yang maksimum sampai 35%. 
Keuntungan dari turbin Gorlov seperti sekrup ini sebagai berikut :
a.       Turbin membutuhkan ketinggian untuk mendapatkan percepatan bukan tekanan.
b.      Turbin dapat berputar sendiri mulai dari kecepatan air yang rendah yaitu, 0,5 m/s.
c.       Kecepatan tinggi, bebas getaran, berputar dengan kecepatan aliran fluida rendah.
d.      Getaran rendah yang terjadi tidak mengakibatkan goyangan pada arus listrik.
e.       Efisiensi yang tinggi 
f.    Perputaran turbin yang searah pada aliran fluida yang berubah arah. Hal ini merupakan kelebihan yang penting jika digunakan pada arah aliran yang berubah–ubah. Karakteristrik yang demikian didapat akibat Gorlov merupakan tipe turbin cross-flow dan menggunakan sudu turbin berupa airfoil yang mekanisme kerjanya berdasarkan gaya lift.

0 komentar:

Post a Comment